BeritaLaporan Kegiatan

Fakultas Teknologi IKTL Laksanakan Pembekalan PKL Bagi Mahasiswa Peserta PKL T.A. 2024/2025

Spread the love

Laporan: Karolus Banda Larantukan, S.Fil., M.Hum

IKTL, Larantuka – Fakultas Teknologi, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) pada hari ini, Senin (22/07/2024) melangsungkan acara pembekalan bagi mahasiswa peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan tersebut bertempat di Auditorium IKTL, Yayasan Perguruan Tinggi Henricus Leven. Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Wakil Rektor III, Bernadus Bin Frans Resi, M.Pd, Dekan Fakultas Teknologi, Alfian Nara Weking, M.Kom, Ketua Prodi Teknik Informatika, Dominikus Boli Watomakin, M.Kom beserta para dosen Prodi Teknik Informatika dan para dosen Prodi Teknologi Hasil Perikanan.

Mahasiswa peserta PKL berjumlah 48 orang dengan rincian: Prodi Teknologi Hasil Perikanan sebanyak 11 mahasiswa dan Prodi Teknik Informatika sebanyak 37 mahasiswa. Peserta PKL ini secara resmi dilepas ke lokasi PKL oleh Wakil Rektor III. Dalam sambutannya, Bernadus menandaskan kepada peserta PKL untuk selalu menggaungkan nama lembaga agar semakin dikenal oleh masyarakat luas sekaligus mengembangkan keilmuan dan potensi diri yang dimilikinya bagi dunia industri. Lebih lanjut, Wakil Rektor III mengharapkan kepada peserta PKL untuk mampu membawa diri secara baik dan bertanggungjawab di tengah masyarakat.

Beberapa point penekanan yang disampaikan oleh Wakil Rektor III ini merupakan penjabaran dari tujuan utama kegiatan PKL ini. Ada beberapa tujuan dari kegiatan PKL ini, yakni: Memenuhi dan melaksanakan Mata Kuliah PKL kurikulum berbasis kompetensi pada Program Studi THP dan Program Studi TI Fakultas Teknologi IKTL; Menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh pada Program Studi THP dan TI; Mahasiswa Program Studi THP dan TI mampu beradaptasi dan bersosialisasi dengan dunia industri; Mahasiswa Program Studi THP dan TI memahami suasana dan kondisi objektif lapangan kerja; dan Mahasiswa Program Studi THP dan Program Studi TI dapat meningkatkan wawasan mengenai dunia industri.

Perlu diketahui bahwa mahasiswa peserta PKL ini akan melaksanakan PKL dari tanggal 23 Juli – 23 September 2024. Ada 12 titik lokasi yang menjadi sasaran utama kegiatan PKL ini dengan rincian: mahasiswa dari Prodi TI dibagi ke dalam delapan tempat PKL yakni Kantor Badan Pusat Statistik, Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bank NTT Cabang Larantuka, Dinas Sosial, Kecamatan Lewolema dan Kecamatan Ile Mandiri. Sementara itu, mahasiswa dari Prodi THP dibagi ke dalam empat tempat PKL yakni Perusahaan Sang Surya, Perusahaan TLB, Perusahaan Pahala Bahari dan Perusahaan Biru Muda Perkasa. Semua lokasi tempat PKL ini berada di wilayah Kabupaten Flores Timur.* (editor: HBW)