Berakhirnya Masa KKN, Pemerintah Kecamatan Ile Mandiri dan Lewolema Melepas Secara Resmi Mahasiswa IKTL

Spread the love

IKTL, Larantuka – Pemerintah Kecamatan Ile Mandiri dan Kecamatan Lewolema secara resmi melepas mahasiswa Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) karena telah berakhirnya masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kedua kecamatan tersebut pada hari Kamis (22/042021). Sebelumnya, mahasiswa peserta KKN secara resmi diterima di kedua kecamatan tersebut pada tanggal 22 Februari 2021 sehingga terhitung pelaksanaan KKN dijalankan selama 2 (dua) bulan. Selama rentang waktu tersebut, mahasiswa berkolaborasi secara nyata dengan pemerintah desa di kedua kecamatan tersebut. Di Kecamatan Ile Mandiri, mahasiswa melaksanakan KKN di 2 (dua) desa yakni Desa Riangkemie dan Desa Lewoloba. Sementara di Kecamatan Lewolema, ada 3 (tiga) desa yakni Desa Balukherin, Desa Bantala, dan Desa Lewobele. Ada sejumlah program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa selama KKN tersebut program kerja individu sesuai dengan basic masing-masing prodi; program kerja institut diantaranya: stunting (Kecamatan Ile Mandiri) dan parwisata (Kecamatan Lewolema); dan program kerja yang dikolaborasikan dengan program-program desa. Semua program yang dijalankan dapat berjalan dengan baik berkat dukungan yang luar biasa dari pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.

Pada momen pelepasan, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa sangat berterima kasih kepada seluruh mahasiswa peserta KKN karena dapat berperan aktif mengkolaborasikan semua program KKN dengan program desa sehingga semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan. Ada desa yang masih mengharapkan mahasiswa untuk terlibat lagi dalam program desa. Desa tersebut adalah Desa Riangkemie. Desa Riangkemie masih membutuhkan kehadiran mahasiswa dalam program reboisasi atau penghijauan di mata air pada bulan November 2021. Program lanjutan ini merupakan program yang diprakarsai oleh para mahasiswa sendiri. Oleh sebab itu, demi merealisasikan program lanjutan ini, maka Pemerintah Desa Riangkemie akan secara resmi menyurati pihak lembaga.

Lebih lanjut dalam momen pelepasan tersebut, hadir Pimpinan IKTL yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Dominikus Kusdianto da Costa, M.P., Germana Oreng Ritan, S.S., M.Pd selaku Ketua LPPM IKTL dan para dosen yang tergabung dalam Panitia Pelaksana KKN yang diketuai oleh Bartoldus Sora Leba, S.S., M.Hum.
Wakil Rektor III dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kecamatan dan pemerintah desa yang sudah melapangkan dada menerima mahasiswa untuk menjalankan program KKN ini. Wakil Rektor III juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama keberadaan mahasiswa ada salah kata, salah sikap dan pergaulan. Pada akhirnya, Dominikus da Costa mengharapkan agar kerjasama ini tidak berakhir sampai di sini tetapi terus dijalin. (Admin_HBW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.