Mahasiswa Peserta KKN-IKTL Dibekali dengan Materi Pencegahan Stunting di Kabupaten Flores Timur

Spread the love

IKTL, Larantuka – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata-Institut Keguruan dan Teknologi Lrantuka (KKN IKT) pada hari Kamis (10/2/2022) melaksanakan satu rangkaian kegiatan pembekalan berupa materi sebelum mereka “diterjunkan” ke lokasi KKN. Salah satu materi yang terbilang berbeda dengan materi-materi pada pembekalan sebelumnya adalah materi tentang pencegahan stunting di Kabupaten Flores Timur. Materi ini diberikan kepada mahasiswa peserta KKN karena komitmen IKTL dalam medukung Program Pemerintah Flores Timur dalam menggempur stunting. Integrasi program stunting dalam kegiatan pembekalan dan ditindaklanjuti dalam salah satu program KKN menunjukkan dengan jelas komitmen lembaga pendidikan dalam mendukung niat baik Pemerintah Flores Timur dalam pencegahan stunting di wilayah Flores Timur. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Agnes Ona Bliti Puka, M.Si.

“Konvergensi stunting tidak hanya melibatkan peran dinas terkait namun lembaga pendidikan tinggi yang ada di Flores timur. Komitmen IKTL untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Flores Timur diwujud-nyatakan dalam program KKN Tahun Akademik 2021/2022. Pada momentum pembekalan dihadiri oleh dinas terkait dengan membawakan materi tentang pencegahan stunting di Flores Timur”, terang Agnes Puka.

Kegiatan pembekalan mahasiswa peserta KKN dilaksanakan selamat dua hari yakni dari tanggal 10-11 Februari 2022. Pencerahan materi yang diperoleh pesera KKN selama dua hari tersebut di antaranya: 1) Upaya Percepatan Penanggulangan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten
Flores Timur (25 Indikator Stunting) dengan menghadirkan pemateri dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D); 2) Materi tentang Administrasi Desa dan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Desa dalam Mendukung Program Gempur Stunting di Kabupaten Flores Timur dengan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa; 3) Strategi Penurunan Stunting di Desa Lokus Stunting Kabupaten Flores Timur dengan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur; 4) Motivasi Anak untuk Pendidikan dengan pemateri Wakil Rektor I IKTL; 5) Penyusunan Laporan Akhir KKN 2022 yang dibawakan oleh Kepala LPPM IKTL; 6) Penyusunan Program Wajib Individu yang didampingi oleh Panitia bersama Ketua Program Studi dan Dosen Pendamping Lapangan.

Pada hari terakhir (Jumat/11/2/2022) sekitar Pkl. 10.00 Wita, peserta KKN dilepaskan ke lokasi KKN masing-masing yang tersebar di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Flores Timur. Perlu dikatahui bahwa saat ini, semua mahasiswa peserta KKN sudah berada di lokasi KKN dan sudah menjalankan sejumlah program kegiatan yang telah direncanakan dan salah satunya adalah pencegahan stunting. Perlu diketahui pula bahwa lokasi kegiatan KKN difokuskan pada data sebaran angka stunting di Kabupaten Flores Timur. (Admin Web: HBW)