BeritaNews

Pembekalan Mahasiswa Peserta PPL FKIP IKTL T.A. 2024/2025

Spread the love

IKTL, Larantuka – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) pada hari ini Senin (29/07/2024) menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan Tahun Akademik 2024/2025. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium IKTL-Yayasan Perguruan Tinggi Henricus Leven. Mahasiswa peserta PPL berjumlah 63 orang dan siap berkolaborasi dengan 17 sekolah mitra yang ada di Kabupaten Flores Timur. Ke-17 sekolah mitra tersebut yakni SMA Negeri 1 Demon Pagong, SMA Negeri 1 Larantuka, SMA Negeri 1 Lewolema, SMA Negeri 1 Titehena, SMA PGRI Gelekat Lewo, SMA PGRI Larantuka, SMAK St. Darius Larantuka, SMAK St. Fransiskus Asisi, SMA Negeri 1 Adonara Barat, SMA Negeri 1 Tanjung Bunga, SMK Henricus Leven, SMK Lamaholot, SMPK Ratu Damai, SMPK St. Isidorus, SMP Negeri 1 Larantuka, SDK Lewotala, dan SMA Negeri 1 Wulanggitang.

Pejabat struktural yang hadir dalam acara pembekalan tersebut diantaranya Dekan FKIP, Brigita Elisabet KR. Uran, S.E., M.M; Wakil Dekan II FKIP, Mudmainna, S.E., M.Si; Ketua Program Studi Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Yeremias Mamu Sare, M.Pd; Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pilipus Wai Lawet, M.Pd; Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fransiska Jone Mare, S.S., M.Hum; Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Maria Martha Towe, M.Pd; dan Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Maria Fatima Beribe, M.Pd. Hadir pula dalam acarapembekalan tersebut yakni para dosen pendamping lapangan yang diberi kepercayaan dalam mendampingi peserta PPL selama menjalankan PPL di sekolah mitra.

Pengalungan secara simbolis bagi mahasiswa peserta PPL dari masing-masing perwakilan program studi yang dilakukan oleh ketua program studi.

Kegiatan tersebut dibuka dengan laporan dari Ketua Panitia Pelaksana yang diwakili oleh Wakil Dekan II FKIP, Mudmainna, S.E., M.Si. Dalam laporannya, Wakil Dekan II mengutarakan tentang tujuan utama dari pelaksanaan PPL tersebut yakni: 1) Memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran,  manajerial di sekolah dan  bidang konseling dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi guru atau pendidik baik di bidang pendidikan formal maupun nonformal; 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau satuan pendidikan tertentu baik terkait proses pembelajaran atau konseling maupun kegiatan manajerial kelembagaan; 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah dikuasai ke dalam kehidupan pembelajaran atau pendidikan nyata di sekolah atau satuan pendidikan tertentu; 4) Memacu pengembangan pembelajaran atau pendidikan formal atau nonformal dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri; dan 5) Meningkatkan hubungan kemitraan antara IKTL dengan pemerintah daerah atau sekolah dan satuan pendidikan terkait.

Pembekalan PPL ini secara resmi dibuka oleh Dekan FKIP. Dalam sambutan sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, Dekan FKIP mengutarakan kepada peserta PPL untuk mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari semester I sampai semester VI. Lebih lanjut Dekan FKIP menandaskan pentingnya inisiatif dan kreativitas yang harus dibangun dalam diri masing-masing peserta PPL agar mampu memberikan manfaat positif bagi sekolah dan diri sendiri. Kolaborasi yang baik dengan sekolah akan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi masing-masing mahasiswa peserta PPL.

Kegiatan tersebut selanjutnya diisi dengan pemaparan materi dari para narasumber. Narasumber dalam pembekalan PPL tersebut yakni Margiana D. M. M. Maran, M.Pd (Pemateri 1); Yoakim Y. M. Leu, M.Pd (Pemateri 2); Mudmainna, SE.,M.Si (Pemateri 3); dan Roberta Uron Hurit, S.Si.,M.Pd (Pemateri 4). Pemateri 1 membawakan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Satuan Pendidikan; Pemateri 2 dengan materi tentang Penggunaan Media Pembelajaran Digital; Pemateri 3 dengan materi tentang Tata Tertib PPL; dan Pemateri 4 mengulas tentang Penyusunan Laporan PPL.

Mahasiswa peserta PPL akan diantar menuju ke sekolah mitra pada Rabu, 31 Juli 2024. Mereka akan menjalankan PPL selama kurang lebih 6 bulan. Selamat berproses bagi mahasiswa PPL. Teruslah mengasah diri agar kelak menjadi guru yang mampu memajukan peradaban bangsa dan negara.* (HBW)