Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKTL Kenalkan Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra di SMPN Satu Atap Riangpuho

Spread the love

Laporan: Roberta Uron Hurit, S.Si., M.Pd

IKTL, Larantuka – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini dilaksanakan di SMPN Satu Atap Riangpuho (27/04/2023).  Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00-12.00 Wita. Ketika tiba di lokasi kegiatan, para mahasiswa dan dosen diterima dengan baik oleh Kepala Sekolah Valentinus Balak Waton, S. P. Kedatangan mahasiswa dan dosen disambut antusias oleh guru-guru dan kepala sekolah.   Valentinus Balak Waton dalam sambutannya sangat senang karena untuk kedua kalinya IKTL  berkunjung ke SMPN Satu Atap Riangpuho.

“Semoga kunjungan ini terus ditingkatkan ke depan agar lebih sering di sekolah ini. Kami sangat menerima jika mahasiswa melakukan PPL di sekolah kami. Anak-anak di sini butuh kegiatan seperti ini, sehingga mereka tidak jenuh dengan pembelajaran yang monoton”, terang Valentinus Balak Waton.

PkM ini dilaksanakan di Aula SMPN Satu Atap Riangpuho dengan dihadiri oleh 80 siswa;  15 Mahasiswa IKTL Semester IV; 1 dosen pendamping yakni Roberta Uron Hurit, S. Si., M. Pd;  serta 3 guru SMPN Satu Atap Riangpuho yaitu Yohanes Paulus Juan Koten, S. Pd., Greogorius A. Pati Maran, dan Bonefantura Manuk Koten, S. Pd. Alat yang sediakan adalah laptop dan Hp android. Semua siswa diwajibkan membawa handphone untuk digunakan dalam proses pembelajaran tersebut.

Sesi Foto Bersama Saat Menggelar PkM di SMPN Satu Atap Riangpuho


Materi yang dibawakan pada PkM ini adalah Bangun Ruang dan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. Siswa dibagi dalam 15 kelompok dan tiap-tiap kelompok didampingi ole 1 mahasiswa. Kegiatan proses pembelajaran ini dibagi dalam 2 tahap. Tahap pertama penjelasan secara manual dan kedua menggunakan aplikasi Geogebra. Bangun ruang yang dijelaskan antara lain: Balok, Kubus, Limas, Bola, Prima, tabung dan Kerucut. Untuk materi pengenalan awal, dijelaskan konsep bangun datar serta bangun-bangun apa saja membentuk bangun ruang.

Materi pengantar dibawakan oleh Roberta Uron Hurit. S. Si., M. Pd (Dosen Pendamping), serta dilanjutkan dengan penjelasan singkat oleh mahasiswa Selviana Bura Hewen. Untuk fitur-fitur dalam Geogebra dijelakan oleh mahasiswa Meliana Tere Maran. Kegiatan ini langsung di pandu oleh Roberta Uron Hurit dibantu oleh selfiana Bura Hewen.  Langkah berikutnya mahasiswa di arahkan  untuk mendampingi siswa mendownload Aplikasi Geogerbra di Hp masing-masing siswa. Selajutkan mahasiswa mulai menjelaskan konsep pertidaksamaan linear dan bangun datar hingga menghasilkan sebuah Bangun Ruang pada Geogebra.

Para Siswa Bersama Pendamping Memperlihatkan Hasil Bangun Ruang Kerucut Berbasis Geogebra
Para Siswa Bersama Pendamping Memperlihatkan Hasil Bangun Ruang Tabung Berbasis Geogebra
Para Siswa Sedang Antusias Mengikuti Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra

Siswa/i SMPN Satu Atap Riangpuho sangat antusias dalam kegiatan ini. Hal ini terbukti dari 4 jam kegiatan tak ada satupun siswa yang berkeliaran. Siswa begitu teliti dan bertanya tentang bangun ruang yang akan dibuat . Mereka sangat antusias dan bersemangat dalam menggunakan hp untuk membentuk bangun-bangun ruang yang dihasilkan.  Para siswa meliliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk belajar. Para Mahasiswa yang merupakan calon guru masa depan juga sangat antusias memberikan materi dan pengetahuan yang mereka dapatkan di IKTL.

Kegiatan ini diakhir dengan senam yang dipandu oleh mahasiswa. Selanjutnya, dalam kesempatan di akhir kegiatan, Roberta Uron Hurit, S. Si. M. Pd., mengucapkan terima kasih atas sikap sekolah dalam menerima mahasiswa dan ikut berkolaborasi dalam kegiatan PkM ini. Harapan Roberta, semoga kelak dapat bertemu lagi di kesempatan lainnya.

Rasa bahagia juga disampaikan oleh salah satu guru pendamping yakni Greogorius A. Pati Maran.
“Kegiatan seperti ini kami belum dapat, oleh karena itu seringlah berkunjung ke sekolah ini. Saya melihat anak-anak semangat sekali. Semoga kegiatan ini terus berjalan. Sekolah kami di kampung, tapi IKTL bisa kemari, kami yakin di SMPN 1 Tanjung Bunga Pasti belum mendapat pelajaran seperti ini, sedangkan SMP Negeri Satu Atap Riangpuho sudah”, ungkap Gregorius Maran.

Rasa Bahagia juga diucapkan oleh salah satu siswa atas nama Siti Sarah. Ia merasa senang dan berkeyakinan bahwa tidak akan takut lagi mempelajari matematika.
“Saya senang sekali, saya tidak takut lagi belajar matematika”, ungkap Siti dengan penuh senyuman.

Perlu diketahui bahwa Geogebra adalah software matematika yang merupakan perpaduan antara geometri, aljabar dan kalkulus. Geogebra merupakan aplikasi komputer yang digunakan untuk membantu dalam bidang matematika. Berbicara tentang matematika tidak terlepas dari aplikasi numerik dalam menjalankan komputasi matematika. Geogebra merupakan salah satu perangkat lunak dalam menjalankan pemograman untuk menghasilkan media geometri dan garis lurus. Belajar menggunakan aplikasi dapat memudakan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal matematika yang cukup rumit. Geogebra dapat memudahkan siswa dalam berimajinasi tentang goemetri yang berkaitan dengan masalah-masalah kontekstual.*(Editor: HBW)
Baca Juga: Memasyarakatkan Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika, Mahasiswa Prodi Matematika Adakan PkM di SMPN I Adonara Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *