Laporan KegiatanPengabdian kepada Masyarakat

HMPS Prodi Pend. Matematika Laksanakan PKM-M di Desa Lite-Adonara Tengah

Spread the love

Laporan: Mancelina Perada (Mahasiswa Prodi Pend. Matematika Semester IV)

IKTL-Larantuka – Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKTL pada hari Jumad (31/03/2023) melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) di Desa Lite, Kecamatan Adonara Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. PKM-M ini bertujuan untuk menjadikan mahasiwa Prodi Pendidikan Matematika yang lebih kreatif, konstruktif, inovatif dan berkarakter serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

Acara pelepasan kegiatan PKM-M dilakukan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Renaldis Masi, S.Pd., MM pada Kamis (30/03/2023) bertempat di ruang kuliah Prodi Pendidikan Matematika. Reinaldis Masi dalam sambutannya menyampaikan amanah terkait mahasiswa dapat menjaga nama baik lembaga IKTL di tengah-tengah masyarakat.
Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Irwanius Piter Muaraya, S.Pd., MM dalam acara pelepasan menegaskan kepada mahasiswa agar dalam kegiatan tersebut perlu di bangun kerjasama dan kekompakan antara anggota kelompok sehingga kegiatan PKM-M ini bisa berjalan dengan lancar.

Rombongan peserta PKM-M bertolak dari Larantuka menuju Adonara Tengah tepatnya Desa Lite pada Jumad (31/03/2023). Rombongan tiba pada pukul 09:25 wita dan diterima dengan hangat oleh Kepala Desa Lite, Alexsander Hasan Adonaen bersama staf di Kantor Desa Lite.
Dalam sambutannya, Alexander Hasan Adonaen mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika di Desa Lite. Beliau juga mengungkapkan rasa bangganya karena mendapat kunjungan dari mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKTL.

Acara penyambutan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKTL di Kantor Desa Lite-Adonara Tengah


Setelah kepala desa membuka kegiatan PKM-M secara resmi, semua mahasiswa diarahkan ke tempat penginapan yang didampingi oleh setiap kepala dusun. Pada hari Jumat tepat pukul 16:00 wita, semua mahasiswa menjalankan program pertama yaitu Jalan Salib sore di gereja St. Yosep Lite.
***

Pada hari kedua (Sabtu, 01/04/2023) kegiatan diawali dengan praktek mengajar di SMPS Panca Karya Lite dan SMAN 1 Adonara Tengah. Masing-masing mahasiswa yang telah dibagi dalam kelompok bergegas menuju sekolah yang telah ditetapkan oleh panitia. Masing- masing sekolah didampingi oleh koordinator. Kegiatan mengajar dilaksanakan pada pukul 07:30 wita.

Ekspresi bahagia tercermin dari wajah bapak/ibu guru di SMPS Panca Karya Lite dan SMAN 1 Adonara Tengah menyambut kedatangan mahasiswa. Sebelum memasuki ruang kelas, Kepala SMPS Panca Karya Lite menyampaikan terima kasih karena sudah mengunjungi sekolahnya dan harapan besar untuk kegiatan ini.

“Kegiatan mengajar mahasiswa menggunakan Aplikasi Geogebra ini mengasa keterampilan untuk menyiapkan calon guru matematika yang lebih baik dengan kompetensi yang¬† baik pula. Mahasiswa perlu melihat dan merasakan langsung proses pembelajaran dalam kelas agar bisa memahami karakter setiap siswa”, tutur Kepala SMPS Panca Karya Lite.

Di SMAN 1 Adonara Tengah juga kepala sekolah mengucapkan terima kasih karena sudah mengunjungi SMAN 1 Adonara Tengah. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa dengan kehadiran mahasiswa, semoga bisa memotivasi siswa SMAN 1 Adonara Tengah untuk lebih kreatif dan bisa memahami konsep matematika yang dianggap masih abstrak, sulit dan kurang bersahabat menjadi lebih menarik dan lebih dicintai oleh mereka lewat aplikasi geogebra. Selain itu juga, kepala sekolah mengharapkan agar mahasiswa prodi pendidikan matematika bisa hadir kembali di SMAN 1 Adonara Tengah dengan kegiatan yang serupa.

Disaat yang sama, di sekolah masing-masing, kepala sekolah dan guru matematika langsung mengarahkan rombongan untuk masuk ke rungan kelas. Semua mahasiswa langsung terpencar menuju ruang kelas masing-masing sesuai dengan tim yang telah di tentukan. Mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar dengan menggunakan aplikasi geogebra terkait materi persamaan dan bangun ruang. Pembelajaran dengan geogebra ini mengajarkan kepada siswa bahwa belajar matematika itu sangat menarik. Bukan soal seberapa konsep yang sudah diketahui oleh siswa melainkan bagaimana siswa dapat memahami konsep tersebut dengan tepat.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika sedang memperkenalkan pembelajaran matematika dengan aplikasi geogebra di SMAN 1 Adonara Tengah

***
Kegiatan di hari ke tiga (Minggu, 2/04/2023) diawali dengan mengikuti Misa di gereja St. Yosep Lite. Beberapa mahasiswa menjadi petugas liturgi saat perayaan misa berlangsung. Usia perayaan misa, Ketua HMPS Pendidikan Matematika, Gratia Celsiana Gita Helan melakukan sosialisasi bersama umat Proki St. Yosep Lite terkait kampus IKTL.

Kegiatan PKM-M kembali dilanjutkan pada pukul15:00 wita yakni kerja bakti bersama masyarakat di lapangan gereja untuk persiapan Jalan Salib pada Jumat Agung. Kerja bakti juga dilanjutkan pada Senin (3/04/2023) pukul 7:30 wita bertempat di TK Lite. 

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKTL sedang melaksanakan kerja bakti di lapangan Gereja St. Yosep Lite

Acara pelepasan sekaligus perpisahan dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dilaksanakan di Kantor Desa Lite (Senin, 3/04/2023) pada pkl. 14.00 wita. Dalam acara pelepasan, Kepala Desa Lite menyampaikan permohonan maaf jika ada hal-hal yang kurang berkesan yang dialami oleh mahasiswa selama berada di Desa Lite. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika atas kunjungan kegiatan di Desa Lite dan mengharapkan kerjasama ini tetap terjalin. (Editor: HBW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *