Laporan KegiatanPengabdian kepada Masyarakat

PkM Kolaboratif: Implementasi Pembelajaran Phonemic Awareness di SMPN Satap Riangpuho

Spread the love

Laporan: Fransiska Jone Mare, S.S., M.Hum

IKTL, Larantuka – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini dilaksanakan dengan model kolaboratif yang melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka. Tim PkM tersebut diantaranya: Fransiska Jone Mare, S.S., M.Hum (Ketua PkM), Ummi Qalsum Arif, M.Pd (Dosen Anggota), Fransiska M. Ena Tukan, M.Pd (Dosen Anggota), Agustina Alviona (Mahasiswa), Vinsensia Ema Ruron (Mahasiswa), Yohana Apriani Dai (Mahasiswa), dan Theresia Nina Ritan (Mahasiswa). PkM tersebut dilaksanakan di SMP Negeri Satap Riangpuho selama dua hari (9-10/11/2023) dan kelas yang menjadi sasaran PkM adalah kelas VII.

Tujuan pelaksanaan PkM tersebut adalah memperkenalkan bunyi-bunyi fonem Bahasa Inggris kepada peserta didik agar dapat membedakan bunyi vokal dan konsonan dalam Bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan agar pada saat peserta didik membaca teks dalam Bahasa Inggris, mampu membunyikan fonem tersebut secara baik dan benar.

Peserta Sedang Mendapatkan Pencerahan Materi dari Fransiska Jone Mare, S.S., M.Hum (Hari Pertama)

PkM pada hari pertama (9/11/2023) difokus pada pemaparan materi yang berhubungan dengan phonemic sound vocal dan konsonan Bahasa Inggris. Sementara pada hari kedua (10/11/2023) fokus kegiatan diarahkan pada game yang berhubungan dengan topik PkM. Game tersebut diantaranya whisper game, quessing game dan simon says game. Selain itu, PkM ini juga diselingi dengan ice breaking dan yel-yel menarik dengan tujuan untuk membangun konsentrasi dan menyegarkan kembali situasi.

Peserta sedang terlibat dalam sebuah game yang berhubungan dengan tema PkM
Mahasiswa sedang membimbing peserta PkM dalam sebuah game

Kegiatan PkM tersebut mendapat apresiasi dari para peserta dan secara umum tujuan dari PkM tersebut dapat tercapai dengan baik. Para siswa mampu mengenal dengan baik bunyi-bunyi fonem Bahasa Inggris dan mampu mengaplikasikannya dalam membaca teks Bahasa Inggris. Kegiatan PkM ini juga mendapat apresiasi dari pihak sekolah dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali pada waktu-waktu yang akan datang.* (HBW)